Robot Kura-kura untuk Eksplorasi Ruang Sempit Lautan

Share :
Saya sangat tertarik sekali dengan informasi tentang robot yang satu ini yang pada akhirnya menjadi alasan bagi saya untuk membuat postingan tentang robot unyu ini.
Robot dengan ukuran kecil memiliki keunggulan bisa menjelajahi tempat-tempat dengan ukuran yang sempit. Hal inilah yang dimiliki oleh sebuah robot mungil bernama U-CAT yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Biorobotik di Universitas Tallin, Estonia.


Bentuknya mirip dengan kura-kura, Badannya didesain dengan bentuk kapsul dan dilengkapi dengan empat pengggerak di bagian sisinya. Dengan penggerak tersebut, robot ini pun bisa bergerak ke segala arah dengan mudah.

Untuk demonya, silahkan di lihat :

Profesor Maarja Kruusmaa dari pusat Biorobotik mengungkapkan bahwa robot biometrik merupakan sebuah robot yang dibangun dengan desain mirip dengan tumbuhan atau hewan. Desain tersebut digunakan untuk mencari solusi dari sebuah masalah dengan mencontoh sesuatu yang sudah ada di alam.
Robot ini pun dilengkapi dengan kamera yang senantiasa merekam apa yang ada di sekitarnya. Selain itu, robot ini juga memiliki keunggulan harganya yang tak terlalu mahal. Jadi, kalau robot ini rusak atau macet di tengah eksplorasinya, para peneliti tinggal meluncurkan robot U-CAT lainnya.
via Slashgear
Source : beritateknologi.com

Jangan sungkan untuk berkomentar :)