Kawah Gunung di Tengah Padang Pasir

Share :
Demikian judul yang saya baca di 2 situs terkenal di indonesia, ada 1 fenomena yang membuat kita menjadi penasaran bagaimanakah kawah tersebut sehingga dia beerada di padang pasir? Subhanallah, memang banyak sekali fenomena-fenomena di dunia ini yang membuat manusia tercengang mendengar dan mengetahuinya termasuk fenomena kawah gunung di tengah padang pasir ini.

 Kawah tersebut bernama Al Wahbah dan lokasinya berada di tepi barat dataran tinggi Hafer Kishb. Kawah ini berada di 254 km dari Kota Taif atau sekitar 4 jam lebih dari Kota Jeddah.
Kawah ini sekilas seperti tempat jatuhnya meteor. Mirip dengan kawah yang ada di Arizona, AS. Al Wahbah berada di kedalaman 250 meter dengan diameter 2 km.

Menurut para ahli geologi, kawah ini terbentuk oleh aktivitas vulkanik gunung berapi dalam bentuk ledakan magma cair di bawah tanah di masa lalu. Wilayah tersebut diyakini dulunya adalah gunung-gunung.

Di salah satu sisi kawah terletak sebuah kerucut abu vulkanik, yang tersisa dari gunung berapi. Uniknya, permukaan kawah Al Wahbah berwarna putih. Warna itu berasal dari kristal natrium fosfat putih.

Demikian fenomena ini menjadi postingan "A.R blog" yang di lansir dari 2 situs terkenal.
Source : 

2 comments

28 Desember 2013 pukul 16.50

:D kuasa Allah sapa yang tau

28 Desember 2013 pukul 23.47

subhanallah komentar bagus sekali :D

Jangan sungkan untuk berkomentar :)