Tips Praktis untuk Kulit Kering Sensitif

Share :

Kulit Kering dan sensitif sering menjadi sumber permasalahan dalam keseharian anda. Selain terasa gatal juga terasa mengurangi kecantikan dan kepercayaan diri. Berikut adalah tips-tips praktis dalam mengatasi kulit kering dan sensitif.



1. Melembabkan dengan cara yang benar …

Kulit kering biasanya sensitif memerlukan perawatan menyeluruh. Pendekatan terbaik untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menghindari menggunakan krim komersial dan lotion yang mengandung minyak mineral dan produk minyak lainnya. Krim dan produk perawatan kulit lain yang mengandung bahan hypoallergenic alami adalah yang terbaik.
Setiap pagi setelah mandi, tepuk seluruh tubuh Anda dengan minyak kelapa murni (virgin coconut oil), mentega kakao (cocoa butter), atau Shea mentega (shea butter). Mereka mengandung bahan alami bergizi, seperti minyak atsiri, kulit-ramah Vitamin A, C, D dan E, dan protein.

Minyak kelapa (coconut oil)
Krim dari bahan alami dan lotion ini sangat bermanfaat untuk kulit kering – mereka dapat menyembuhkan, sangat melembabkan, dan melindungi kulit dari penuaan.


2. Hindari air keran …

Jika kulit wajah Anda kering, cobalah untuk tidak mencucinya dengan air keran karena sering mengandung klorin, fluoride, dan bahan kimia yang tidak diinginkan lainnya. Sebaliknya, gunakan air mineral dingin atau es dibuat dengan itu, atau, lebih baik, bersihkan wajah dengan lotion pembersih bebas alkohol, toner, atau susu kosmetik, terbuat dari bahan alami.
Mereka lembut menyegarkan kulit kering tanpa menyebabkan iritasi, sementara menghormati keseimbangan kelembaban. Toner dan susu secara efektif menghilangkan kotoran dan makeup setiap hari, membersihkan dan memperbaiki pori-pori, dan meninggalkan kulit kering merasa bersih, lembut, dan terhidrasi.


3. Gunakan sabun oatmeal …

Jika kulit Anda kering dan mudah iritasi, cobalah untuk mengurangi jumlah waktu yang Anda mandi terutama mandi dibawah shower dimana kulit anda akan terkena air secara terus menerus – beberapa dermatologists bahkan menyarankan untuk tidak lebih dari tiga menit anda berada di air dalam sehari! Gunakan sabun paling ringan yang tersedia dan tidak berlebihan. Menyikat dan menggunakan scrub biasanya tidak dianjurkan untuk kulit kering. Sebaliknya, seminggu sekali gunakan sabun oatmeal ringan, yang lembut dan akan mengelupaskan kulit Anda tanpa menyebabkan iritasi.

Penting! Setelah mandi atau mandi, jangan gosok kulit Anda dengan handuk, sebagai gantinya, lakukan gerakan menepuk dengan handuk hingga kering. Setelah itu oleskan minyak atau mentega alami saat kulit masih lembab, dan berikan perhatian ke kaki paling bawah di mana kulit cenderung kering itu.


4. Sertakan baik minyak dalam diet Anda …

Jika kulit atau kulit anda kering, bersisik, bintik-bintik gatal, langkah yang terbaik adalah dengan menghindari menggaruk. Terapkan Shea mentega atau minyak kelapa beberapa kali sehari dan mencoba untuk mencegah air dari percikan di daerah yang teriritasi. Kulit kering juga rentan terhadap eksim dan kondisi kulit lainnya tidak nyaman. Sebuah langkah pencegahan yang baik adalah untuk menambah diet Anda dengan mengkonsumsi minyak esensial yang terkandung dalam mentega organik mentah, cod liver oil, Omega-3 telur, minyak kelapa, dan ikan segar air dingin.


5. Gunakan humidifier (pelembab udara) …

Pelembab udara sudah merupakan hal yang sering ditemui terutama di luar negeri apalagi dalam bulan-bulan musim dingin dan kering. Namun di Indonesia, dimana kelembaban udara cukup tinggi, alat pelembab udara masih jarang ditemui. Khusus untuk anda yang memiliki kulit yang ekstrim kering, dapat mempertimbangkan untuk membeli humidifier dan menempatkannya dalam kamar Anda atau area apartemen di mana Anda menghabiskan banyak waktu. Kelembaban tambahan di udara akan membantu memperbaiki kondisi kulit Anda segera.

Setelah Anda mulai menerapkan tips ini, Anda akan melihat peningkatan besar dalam kondisi kulit Anda dan dalam waktu itu akan kembali normal.

5 comments

4 September 2010 14.03

Kalau ciri-ciri kulit kering ada gak

4 September 2010 21.05

trima kasih sobat akram telah brkomentar...
ciri-cirinya meliputi hilangnya kelembaban kulit, kulit terlihat kering, bersisik halus, berkurang kelenturannya, dan mengeriput.

5 September 2010 18.42

Waduh makasih sudah dijawab.

6 Januari 2013 19.23

kalo untuk ciri ciri kulit yang terkena bakteri gmna ?/

22 Desember 2013 20.17

kalau untuk ciri-ciri kulit yang terkena bakteri biasanya hal yg sering terjadi timbulnya rasa gatal yang berhujung pada memerahnya bagian kulit yang gatal tersebut. mungkin bisa saja akan menimbulkan biang keringat. terimakasih.

Jangan sungkan untuk berkomentar :)