Musik dan Pengaruhnya Terhadap Otak

Share :

Musik klasik memberi pengaruh yang positif terhadap kemampuan otak. Irama mempunyai pengaruh untuk meningkatkan produksi serotonin dalam otak.

Apa yang dimaksud dengan serotonin?
Serotonin adalah sebuah neurotransmitter yang berperan penting dalam menyalurkan getaran-getaran syaraf yang membantu memunculkan perasaan gembira. Saat otak menghasilkan serotonin ketegangan pun menurun. Salah satu penyebab depresi pula disebabkan oleh berkurangnya produksi hormone serotonin ini.



Serotonin dilepaskan saat otak mengalami "kejutan positif". Contohnya: jika kita melihat gambar yang indah, alunan melodi flute yang indah, atau menikmati makanan yang enak, otak akan melepaskan sejumlah serotonin dalam jumlah tertentu yang meningkatkan perasaan yang menyenangkan.


Irama musik dapat menstimulasi irama alami dari tubuh, misalnya menormalkan detak jantung, atau irama Alfa di dalam otak, dan efek ini biasanya untuk melawan perkembangan depresi klinis. Irama juga menghantarkan proses kreatif di dalam otak kita.

2 comments

apakah bahaya jika saya tidur sambil menyalakan musik ??

24 Desember 2013 02.31

Bisa menjadi bahaya jika terlalu lama dan menggunakan headset, bahayanya sendiri akibat dari radiasi alat pemutar musiknya.

Jangan sungkan untuk berkomentar :)